Pahami Hal Ini Sebelum Anda Upgrade RAM


Laptop atau PC yang mulai melambat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, karena kapasitas RAM atau Random Access Memory yang mulai menurun atau tidak mencukupi. Jumlah aplikasi perangkat lunak dengan penggunaan yang meningkat ini memang menutup ruang penyimpanan RAM yang tidak sedikit.

Penggunaan komputer secara terus menerus adalah alasan lain mengapa RAM jadi bekerja lebih cepat. Yang tentu saja akan menghasilkan kinerja laptop yang menjadi lambat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah RAM pada komputer dan laptop ini. Salah satunya adalah cara termudah untuk meningkatkan RAM. Peningkatan RAM berarti ruang penyimpanan dalam RAM akan diperbesar untuk dapat mengakomodasi semua aktivitas perangkat lunak dan aplikasi pada komputer.  Hingga laptop dan komputer dapat digunakan secara normal tanpa masalah lambat atau hang.

Namun sebelum memutuskan untuk meng - upgrade RAM pada laptop, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.
1. Tingkatkan Kebutuhan
Sebelum memutuskan untuk meningkatkan RAM, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan apa yang menyebabkan laptop atau komputer menjadi lambat. Dengan mengetahui kebutuhan dan kebiasaan menggunakan komputer ini, kita dapat mengetahui berapa banyak RAM yang dibutuhkan.

Kebutuhan akan peningkatan ini juga harus dilihat kembali dari pilihan menggunakan perangkat lunak lain dengan penggunaan RAM yang lebih kecil misalnya. Setelah mengetahui hal ini, baru saja memutuskan untuk terus memutakhirkan RAM atau tidak.

2. Jenis Prosesor
Setelah benar - benar memutuskan dan mengetahui berapa banyak RAM yang dibutuhkan, selanjutnya adalah melihat jenis dan tipe prosesornya. Tahap ini sangat penting, karena laptop dan komputer masing-masing menggunakan berbagai jenis dan jenis prosesor. Dan masing-masing prosesor ini memiliki kapasitas RAM terbatas yang dapat digunakan juga. Ya, tidak semua prosesor akan bekerja dengan baik dengan jenis RAM tertentu.

Untuk mengetahui apakah prosesor cocok atau tidak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini.
  • Ukuran Memori Maksimum (Ukuran Memori Maks) adalah batas kapasitas maksimum RAM yang dapat dibaca oleh prosesor. Misalnya, pada prosesor yang membaca Ukuran Memori Maks adalah 16 GB, RAM maksimum yang dapat dibaca hanya dengan kapasitas 16 GB.
  • Jenis memori, ada banyak jenis RAM dan harus dipertimbangkan mana yang sesuai dengan prosesor dan mana yang tidak. Misalnya, SO - DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) DDR3 4GB PC-10666, pada komputer berarti jenis memori PC-10666 dengan kecepatan 1333MHz, menggunakan slot DDR3 dan kapasitas RAM 4GB.
  • Memory Channel, ada beberapa saluran memori pada laptop dan prosesor komputer untuk RAM seperti single, dual, atau bahkan triple.

3. Sistem Operasi
Setiap sistem operasi pada laptop dan komputer memiliki batas penggunaan RAM yang berbeda. Selain itu arsitektur yang membangun sistem operasi ini sendiri, apakah menggunakan 32 bit atau 64 bit. Kedua sistem arsitektur ini memiliki kapasitas untuk bertahan pada CPU yang pada akhirnya mempengaruhi batas kapasitas RAM. Misalnya, pada sistem operasi Windows 7 64 bit dapat memiliki batas hingga 192 GB, sedangkan dalam 32 bit hanya 64 GB RAM.

4. Garansi Resmi
Secara umum, meningkatkan RAM akan membuat garansi resmi laptop atau komputer Anda terbakar. Karena itu, pertimbangkan dulu masa garansi resmi sebelum memutuskan untuk memutakhirkan RAM.

Bagaimana? Sudahkah Anda benar-benar mempertimbangkan empat hal di atas? Semoga Anda bisa mendapatkan RAM kualitas tertinggi ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pahami Ini Agar Baterai Laptop Jadi Awet

Pahami Hal Ini Jika Ingin Ganti Hardisk Laptop

Soul Electronics Hadirkan End Year Clearance Sale